Soal PG Informatika atas nama Riffan Abrisam M. 7F

1) mengapa perlu belajar informatika ?

a) Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi dasar

b) Informatika mencakup aspek teoritis dan praktis

c) mendorong kalian untuk mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif 

d) untuk menghasilkan penemuan (invention) terkait komputer dan sistem komputasi

2) Bagi pelajar Indonesia, karakter yang baik ini dirumuskan sebagai Profil Pelajar Pancasila, yang memiliki ciri-ciri apa ciri2 tersebut:
a) Beriman,bertakwa kepada tuhan yang maha esa
b) Berkebinekaan global
c) Mandiri
d) Semua benar

3) Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?
a) TIK
b) SK
c) JKI
d) Semua benar

4) Apa yang akan di pelajaran mata pelajaran Tik 
a) Analisis data
b) bernalar kritis 
c) mengembangkan daya pikir dan kritis untuk menghasilkan penemuan terkait komputer


5) Apa itu informatika?
a) Informatika merupakan disiplin ilmu komputer yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.
b) Informatika adalah ilmu matematika atau sebelumnya disebut ilmu hisab adalah ilmu yang mempelajari besaran, struktur, ruang, dan perubahan.
c) Informatika adalah salah satu ilmu fisika sains atau ilmu alam yang mempelajari materi beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu, bersamaan dengan konsep yang berkaitan seperti energi dan gaya


6) Sebutkan salah satu ciri-ciri profil pelajar Pancasila dalam pelajaran Informatika
a) Kerja sama
b) Gotong royong
c) Berpikir Komputasional

7) Informatika merupakan ilmu yang menghasilkan produk berupa
a) Mouse
b) Headseat
c) Handhpone
d) Aplikasi game

8) Ilmu yang menghasilkan suatu aplikasi yang digunakan dengan smartphone adalah…
a) Ilmu biologi
b) Ilmu social
c) Ilmu komputer
d) Informatika

9) Dalam mengembangkan produk informatika yang kompleks diperlukan….
a) Kolaborasi tim yang baik
b) Perencanaan kerja yang baik
c) Pengkomunikasikan hasil kepada pengguna dengan baik
d) Jawaban a,b dan c benar

10) Berikut pernyataan yang benar tentang informatika adalah…
a) Bidang ilmu mengenai studi sistem komputasi 
b) Bidang ilmu mengenai perancangan sistem komputasi
c) Bidang ilmu mengenai pembuatan sistem komputasi
d) Jawaban a,b dan c benar

11) Ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan computer untuk menyelesaikan masalah-masalah sains disebut…..
a) Ilmu informatika
b) Ilmu digital
c) Ilmu komputasi
d) Ilmu pembuatan software
e) Bukan salah satu jawaban diatas

12) Berikut adalah benar tentang ilmu komputasi …..
a) Ilmu pemodelan matematika dengan penggunaan computer
b) Nama lain dari Computing
c) Nama lain dari Computer science
d) Nama lain dari Informatics

13) Hal hal berikut ini merupakan cakupan dari kerangka berpikir komputasional 
a) Perangkat keras
b) Perangkat lunak
c) Menalar mengenai sistim dan persoalan
d) Jawaban a, b, dan c benar

14) Landasan berpikir untuk belajar informatika dinamakan juga ……
a) Berpikir komputasional
b) Berpikir Informatika
c) Berpikir secara Digital 
d) Berpikir seperti computer

15) Kehidupan manusia sekarang di era digital disebut juga ….
a) Industri 4.0
b) Industri 4.5
c) Industri 3.0
d) Industri 3.5
 
16) Istilah kehidupan masyarakat yang hidup di dunia fisik dan maya saat melakukan kegiatan secara daring disebut juga ……
a) Industri 3.5
b) Society 5.0
c) Society 4.0
d) Society 4.5
 
17) Berikut adalah contoh kegiatan yang dilakukan pada Society 5.0…..
a) Bermain game online
b) Memesan makanan via daring
c) Memesan transportasi secara online
d) Bercakap-cakap dengan media social
e) Jawaban a, b, c, dan d benar

18) Beberapa contoh dibawah ini adalah perubahan pada Society 5.0, kecuali…
a) Pelaku usaha harus memiliki toko secara fisik untuk dikenal masyarakat
b) Transaksi via transaksi digital atau uang elektronik
c) Belanja dilakukan dengan aplikasi e commerce 
d) Pemilik toko tidak perlu memiliki banyak pegawai 

19) Berikut adalah contoh perkembangan di industri karena perkembangan ilmu informatika dan ilmu komputasi…..
a) Industri makanan menggunakan tenaga manusia untuk membungkus produk makanan
b) Industi perakitan mobil menambah pekerja untuk meningkatkan produksi barang
c) Industri perakitan mobil menggunakan robot untuk meningkatkan produksi dan presisi
d) Industri garmen meningkatkan alat tenun tradisional untuk meningkatkan produksi 
 
20) Berikut adalah dampak dari perkembangan ilmu informatika dan ilmu komputasi
a) Semakin banyak pegawai direkrut di BANK sebagai teller
b) Semakin banyak para pengusaha merekrut pegawai untuk menjaga toko 24 jam
c) Jumlah pegawai dikurangi karena berkembangnya robot atau computer yang dapat menggantikan fungsi pekerjaan nya
d) Perkembangan ilmu semakin mundur



21) Berikut termasuk dalam pengelompokkan bidang-bidang pengetahuan informatika
a) Berpikir Komputasional (BK), 
b) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), 
c) Sistem Komputer (SK), 
d) Jaringan Komputer dan Internet (JKI), 
e) Jawaban a,b, c, dan d benar

22) Bentuk teknologi yang dipakai untuk mengirimkan, menyimpan, menciptakan, membagikan dan mempertukarkan informasi disebnut juga …..
a) Teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
b) Sistem computer
c) Analisa data
d) Jaringan computer 

23) Berikut adalah contoh produk dari TIK kecuali….
a) Mengirim berita melalui Radio
b) Mengirim berita melallui Televisi
c) MEngirim berita melalui smartphone
d) Mengirium berita melalui surat

24) Berikut adalah alat-alat yang dibutuhkan untuk melatih mendalami TIK…
a) Komputer dengan sistim yang canggih
b) Smartphone dengan teknologi terkini
c) Tablet dengan teknologi canggih
d) Pembelajaran berbasis project
  
25) Berikut adalah produk dari Industri 4.0 kecuali…..
a) Pendataan penduduk dengan sistim aplikasi computer
b) Tracing penderita covid 19 dengan aplikasi peduli lindungi
c) Aplikasi JAKI untuk mendaftar vaksinasi
d) Penyimpanan data dengan pencatatan di buku tulis

26) Apa saja bidang-bidang yang akan dipelajari dalam mata pelajaran informatika? Kecuali…
a) (BK), (TIK), (SK), dan (JKI)
b) (CS), (CP), (AP), dan (NW
c) (ICT), (AD), dan (CE)
d) Jawaban a dan c benar

27) Apa saja yang akan dipelajari di maple informatika di kelas 7 ini?
a) Dampak negative informatika
b) Praktika lintas bidang
c) Analisis data
d) Jawaban b dan c benar

28) Berikut ini merupakan ciri-ciri perilaku profil Pancasila yang tidak benar adalah…
a) Mandiri
b) Gotong royong
c) Berkebinekaan global
d) Bermalas-malasan

29) Kegiatan apa yang diharapkan oleh para guru di akhir kelas 7?
a) Menerapkan berpikir komputasional dalam kehidupan sehari-hari
b) Memahami definisi computer, komputasi dan system komputasi, serta menjelaskan baagian-bagian utama computer dan fungsinya
c) Membuat program dengan menggunakan blog visual
d) Semua jawaban benar

30) Apakah dalam belajar informatika harus memakai computer/gawai?
a) Ya karena sangat sulit jika tidak memakai computer
b) Tidak karena tujuan penting dalam belajar informatika adalah harus memahami cara kerja computer dan system digital berbasis, dan untuk memahaminya bisa dalam berbagai cara, misalnya melalui permainan dll.
c) Semua jawaban salah
d) Tidak ada jawaban

31) Apa yang dimaksud dengan problem solving?
a) Problem solving adalah suatu keadaan yang harus diatasi. Upaya untuk mengatasinya disebut problem solving(penyelesaian masalah)
b) Problem solving adalah upaya utuk menambah masalah
c) Untuk menyelsaikan masalah di kantor saja
d) Jawaban a,b,dan c salah

32) Apakah berpikir komputasional dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari?
a) Tidak, hanya diterapkan di dalam pembelajaran informatika
b) Ya, karena dalam kehidupan sehari-hari kita akan selalu menemukan masalah yang harus diselesaikan dengan cermat dan cerdik
c) Tidak, hanya dilakukan/diterapkan pada lingkungan sekolah saja
d) Sama sekali tidak diterapkan dalam kehidupan ini

33) Adakah hubungan antara bermain games dan informatika?
a) Tidak, karena bermain game hanya untuk bersenang-senang
b) Ya, karena dalam pelajaran informatika juga belajar bermain game
c) Ya, karena ada salah satu hal menarik dari dunia computer adalah permainan. Bermain game ada sisi positifnya contohnya seperti: Belajar strategi, berkompetisi sehat, dan belajar Bahasa asing
d) Tidak karena hanya membuang waktu saja

34) Kemampuan umum apa saja yang akan dipakai dalam pembelajaran informatika?
a) Bekerja dalam kelompok
b) Bagaimana mengkomunikasikan hasil kerja dengan baik
c) Mandiri
d) Jawaban a dan b benar

35) Apa hubungan antara informatika dengan mata pelajaran atau bidang lain?
a) Sama sekali tidak berhubungan
b) Jawaban c dan d benar
c) Pendataan penduduk, pendaftaran sekolah, analisis data dari media social dll
d) Data sel penyakit, penciptaan robot humanoid, dan menuliskan program computer dalam pemrograman tertentu.

36) Kegiatan apa saja yang dilakukan dalam pelajaran informatika?
a) Pembelajaran berbasis proyek (PBL)/project based learning dan pembelajaran berbasis inquiri (IBL)/Inquiry based learning 
b) Bermain games
c) Sama sekali tidak ada kegiatan yang dilakukan
d) Menulis di dalam blog

37) Apa perbedaan antara informatika dengan TIK?
a) Sama sekali tidak ada perbedaan karena sama sama menggunakan computer
b) Perbedaannya adalah TIK adalah semua bentuk teknologi yang diapakai untuk menyimpan, mengirimkan, dan mempertukarkan informasi. Sedangkan informatika adalah bidang ilmu yang mencakup 5 elemen yaitu: (BK), (TIK), (TK), (AD), dan (AP)
c) Perbedaannya hanyalah TIK menggunakan computer sedangkan informatika tidak
d) Semua jawaban salah

38) Untuk apa kita belajar informatika?
a) Untuk mendapat nilai yang bagus
b) Karena di era baru manusia akan sangat membutuhkan teknologi dan memahami dalam menggunakan teknologi tersebut
c) Agar kita semakin pintar dalam menggunakan teknologi 
d) Untuk belajar tentang berpikir komputasional 

39) Apakah pembelajaran informatika dapat mendidik dan menjadikan kita sebagai pencipta di dunia digital?
a) Ya, karena di era baru nanti manusia akan lebih sering menggunakan teknologi dan harus memahami cara penggunaan teknologi tersebut
b) Tidak, karena informatika hanya dapat menjadikan kita sebagai murid yang pintar di kelas saja
c) Tidak, karena informatika adalah pelajaran murid-murid yang membosankan
d) Semua jawaban salah

40) Apakah dalam bab 1 terdapat hal yang menarik dan bermanfaat untuk kita baca dan pahami?
a) Tidak hanya hal-hal yang membuat para siswa yang membacanya menjadi bosan
b) Tidak ada karena tidak dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita
c) Semua jawaban salah
d) Ya, tentu saja contohnya seperti berpikir komputasional, hal ini dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam menyelesaikan masalah apapun

41) Aspek apa saja yang terdapat dalam kurikulum informatika ini?
a) Membina budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif
b) Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputasi
c) Mengembangkan dan menggunakan abstraksi
d) Semua jawaban benar

42) Berikut ini adalah produk-produk hasil komputasi kecuali…
a) Komputer
b) Kalkulator
c) Handphone
d) Bingkai

43) Berikut ini adalah produk-produk hasil komputasi yang tepat adalah..
a) Baju
b) Software mengetik Word
c) Celana
d) Kursi

44) Berikut ini bukanlah hasil produk dari komputasi adalah..
a) Buku
b) Lemari
c) Bantal
d) Semua jawaban benar 

45) Personal Computer (PC) memiliki beberapa perangkat keras seperti berikut…..
a) Keyboard
b) Mouse
c) Monitor 
d) Semua jawaban benar

46) Perangkat lunak berikut ini dibutuhkan PC agar dapat bekerja dan digunakan oleh manusia untuk berbagai kebutuhan kecuali……… 
a) Operating sistim windows
b) Software mengetik seperti word
c) USB hub
d) Software membuat power point


47) Berikut adalah perangkat keras yang dibutuhkan untuk computer dapat berkoneksi internet di dunia maya…..
a) Modem 
b) Aplikasi menggambar photoshop
c) Aplikasi menggambar Coreldraw
d) Dual monitor

48) Software berikut adalah aplikasi yang tepat  untuk mengexplorasi informasi didunia maya ……..
a) Word
b) Excel
c) Browser google chrome
d) Power point

49) Berikut adalah aplikasi untuk membuat presentasi yaitu…
a) Power point
b) Excel
c) Word
d) Paint

50) Berikut adalah aplikasi untuk mengetik naskah yaitu...
a) Microsoft edge
b) Power point
c) Word
d) Paint














Comments

Popular Posts