Algoritma permograman

 Pengertian algoritma beserta contohnya

Algoritma adalah urutan langkah yang dibut untuk menyelesaikan tugas tertentu. Salah satu contoh sederhana algoritma adalah langkah untuk membeli tiket bioskop secara langsung. Langkahnya, yaitu : kalian perlu menuju bioskop, memilih film, lalu antre di loket tiket, lalu memilih posisi kursi bioskop beserta jumlah tiketnya, membayar total tiket, dan tiket diterima oleh pegawai.


Algoritma akan diterjemahkan menjadi kode program untuk memberikan urutan instruksi pada perangkat komputer. Algoritma dan permograman yang mengatur jalannya sistem komputer, membawa masyarakat berkomunikasi dengan cara yang baru.


PEMROGRAMAN

Mengapa berlu belajar programming? karena diperlukan bukan hanya untuk menjadi programmer. Progamming diperlukan dalam bidang apa pun, seperti halnya siapapun perlu menulis.


1. Informatika membangun keterampilan yang berguna untuk belajar bidang2 lainnya termasuk matematika, sains, penyelesaian persoalan, bekerja dalam tim, pembelajaran berbasis proyek, seni kreatif, dan banyak lagi.

2.Belajar pemrograman sama bergunanya seperti belajar bahasa asing. Makin awal kalian belajar suatu bahasa asing, makin mudah untuk mempelajari dan menguasai bahasa asing tersebut. Bedanya ialah bahwa bahasa pemrograman dirancang agar kalian dapat memerintahkan komputer melakukan apa yang kalian rancang.

3. Coding adalah seni terbaru dan membuat kalian akan berkreasi tanpa batas. Banyak seniman saat ini membuat karya2 dibantu dengan program komputer.


Bagaimana Belajar Programming

Pertama-tama, kalian akan dikenalkan lingkungan pemrograman yang akan dipakai. Pengenalan lingkungan pemrograman itu bisa langsung dari internet secara online, dengan komputer/gawai yang sudah disiapkan, atau tanpa komputer.


Scratch

Scratch dibuat oleh MIT Media Lab, sebuah tim dari Massachusetts Institute of Technology. Dengan Scratch, kalian dapat mengembangkan sebuah program sederhana berisi cerita, games, maupun animasi interaktif sesuai kehidupan sehari-hari.Program sederhana ini dibuat dari susunan blok-blok yang menghasilkan tampilan visual sesuai blok tadi. Hasil karya scratch juga dapat dibagikan dalam komunitas online.


Membuat Akun

Untuk menggunakan Scratch, kalian dapat memilih untuk memiliki akun atau tidak. Kelebihan memiliki akun ialah dapat menyimpan semua hasil proyek Scratch.


Mengenal ''Universe'' Scratch

Pilih menu create di menu atas home, lalu akan muncul tampilan.

1. Menu A : Kumpulan kategori kode yang dapat dilakukan oleh objek

2. Menu B : Kode yang dapat di-assign untuk objek, dapat juga dipilih dari kategori di menu A,Blok kode tinggal di-drag dan drop ke bagian menu C untuk menggunakannya dan hasilnya dapat dilihat di bagian menu D. Contoh di sini apabila yang aktif adalah sprite (Menu G).

3. Menu C : Daftar blok kode yang diimplementasikan pada objek.

4. Menu D : Stage Grid untuk review hasil implementasi blok kode pada objek.

5. Menu E : Di bagian ini, kalian dapat meng-customize bentuk dan suara dari objek/backdrops sesuai kreativitas sendiri.

6. Menu F : kalian dapat mengatur backdrops yang akan digunakan. Hasilnya akan diperlihatkan di menu D.

7. Menu G : Kumpulan sprite yang digunakan pada project. Blok kode yang ada di menu B dapat diimplementasikan untuk setiap sprite yang ada.

8. Menu H : Nama proyek yang dibuat.


Eksplorasi Fungsi Dasar

Kalian akan belajar tentang kode control. kalian dapat mengatur berapa banyak kode berulang dan kondisi dari sprite. Dengan kode ini, diharapkan kalian dapat mengatur kode program dengan lebih baik..

Comments

Popular Posts