ULANGAN HARIAN INFORMATIKA Riffan ABrisam Mesiano _28_8E
JAWABAN
1. C. 2030
2. B. Sosial Media
3. C. Integrative
4. A. Complex problem solving
5. A. Complex problem solving
6. D.Fokus pada komponen di luar sistem
7. D. Link
8. A. Time series data
9. A. Computational Thinking
10. B. Algorithm
11. B. Revolusi industri 4.0
12. C. Decomposition
13. D. Flowchart
14. A. Repetition
15. B. Deskripsi
16. C. Kalimat deskriptif
17. A. Flowchart
18. B. Menentukan elemen utama masalah
19. B. Pattern recognition
20. A. mampu menganalisis data
ESSAY
1. sering menggunakan komputer dalam kehidupan sehari-hari, lebih sering berinteraksi lebih banyak dengan gadget daripada orang lain, sering bertemu dengan masalah di dunia nyata maupun di dunia maya
2. selalu berpikir kritis, tidak pernah menyerah mencari solusi terhadap masalah, dapat menyelesaikan masalah menggunakan komputer
3. Seseorang mampu menyelesaikan masalah dengan cara berpikir kritis dan kreatif hingga solusi dari masalah itu akhirnya ketemu
4. harus bertemu dengan masalah terlebih dahulu, selesaikan masalah tersebut jika tidak bisa tanya kepada orang lain
5. yang dibutuhkan roni yaitu 5 batang sepanjang 10 meter tiap batangnya karena 10x5 = 50 yang dibutuhkan 49 cm
SOALNYA
- Munculnya kecanggihan teknologi yang diprediksi akan menggeser peran manusia akan dimulai pada tahun…..
A. 2019
B. 2020
C. 2030
D. 2018
2. Kemampuan yang harus dimiliki sumber daya manusia pada era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah…
A. Pendidikan
B. Sosial Media
C. Komunikasi
D.Keterampilan
3. Berikut ini merupakan skill yang harus dimiliki sesuai dengan word economic forum, kecuali….
A. Complex Problem Solving
B. Critical Thinking
C. Integrative
D. Creativity
4. Keterampilan untuk melakukan riset, menjalankan bisnis dan membuat program disebut…
A. Complex problem solving
B. Critikal Thingking
C. Integrative
D. Creativity
5. Seseorang yang dapat melihat akar permasalahan disebut sebagai orang yang memiliki keterampilan….
A. Complex Problem Solving
B. Critical Thinking
C. Integrative
D. Creativity
6. Berikut ini merupakan faktor yang harus dimiliki agar dapat berpikir sistem, kecuali…
A. Menghargai cara pandang yang berbeda
B. Mampu melihat pada komponen yang saling ketergantungan (interdependencies)
C. Dapat memperkirakan sesuatu permasalahan pada setiap komponen
D.Fokus pada komponen di luar sistem
7. Berikut ini merupakan bentuk representatif perilaku seseorang yang telah berpikir sistem, kecuali….
A. Time series data
B. Refernce Mode Diagram
C. Structural Diagram
D. Link
8. Perilaku yang dapat menggambarkan komponen kunci yang saling berhubungan pada jangka waktu tertentu adalah…..
A. Times Series Data
B. Reference Mode Diagram
C. Structural Diagram
D. Link
9. Kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah yang kompleks disebut….
A. Computational Thinking
B. Time Series Data
C. Reference Mode Diagram
D. Structural Diagram
10. Tahapan seseorang yang memiliki kemampuan berpikir komputasi dengan mengembangkan solusi langkah demi langkah (step -by-step) terhadap permasalahan yang dihadapi, atau peraturan yang harus diikuti untuk memecahkan masalah adalah…
A. Decomposition
B. Algorthm
C. Abstraction
D. Pattern Recognition
11. Tahun 2020 meruapakan tahun era digital keempat yang disebut juga dengan…
A. Computational Thinking
B. Revolusi Industri 4.0
C. System Thinking
D. Teknologi modern
12. Berikut merupakan notasi dalam penulisan algoritma, kecuali…..
A. Pseudocode
B. Flowchart
C. Decomposition
D. Kalimat Deskriptif
13. Bagan yang menggambarkan urutan intruksi untuk proses dengan komputer dan hubungan setiap proses dengan proses lainnyadinotasikan dengan simbol disebut….
A. Kalimat Deskriptif
B. Computational Thinking
C. Pseudocode
D. Flowchart
14. Beriut ini meruakan struktur dasar algoritma, kecuali….
A. Repetition
B. Psedocode
C. Selection
D. Sequence
15. Dalam penulisan psedocode terdiri dari tiga bagian, kecuali…
A. Isi Algoritma
B. Deklarasi
C. Deskripsi
D. Judul Algoritma
16. Notasi algoritma terstruktur yang hampir sama dengan bahasa pemrograman disebut….
A. Flowchart
B. Psedocote
C. Kalimat deskriptif
D. Judul algoritma
17. Notasi algoritma yang terdiri atas simbol-simbol yang menggambarkan urutan dalam memecahkan suatu masalah disebut….
A. Flowchart
B. Psedocote
C. Kalimat deskriptif
D. Judul algoritma
18. Berikut ini merupakan cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah yang kompleks (complex problem solving), kecuali…
A. Melihat berbagai kemungkinan sebagai solusi
B. Menentukan elemen utama masalah
C. Mengidentifikasi masalah
D. Menganalisis masalah
19. Proses memecahkan data, proses atau masalah kompleks menjadi sub masalah yang lebih kecil dan mudah dikelola disebut….
A. Decomposition
B. Pattern recognition
C. Algorithm
D. Computational thinking
20. Berikut ini merupakan karakteristik dari computational thinking, kecuali…
A. Mampu menganalisis data
B. Mampu melakukan otomatisasi solusi melalui cara berpikir algoritma
C. Mampu mengidentifikasi masalah
D. Mampu memberikan pemecahan masalah emnggunakan komputer
Jawablah pertanyaan essya berikut ini!
- Tuliskan 3 (tiga) faktor seseorang dapat berpikir sistem!
- Tuliskan bentuk representatif perilaku seseorang yang telah berpikir sistem!
- Apakah yang dimaksud dengan berpikir komputasi (Computational thinking)?
- Sebutkan tahapan seseorang dalam berikir komputasi (Computational thinking)?
- Jawablah soal cerita di bawah ini!
Roni menebang pohon dan memotongnya sehingga menghasilkan batang pohon yang panjangnya 10 meter.
Toni ingin membangun bendungan dan membutuhkan kayu sepanjang 4 meter sebanyak 7 batang, dan kayu sepanjang 3 meter sebanyak 7 batang. Toni dapat memotong batang pohon milik Roni sesuai dengan keperluannya. Hitunglah berapa banyak pohon yang dipakai Toni tanpa menghamburkan banyak batang pohon yang tersisa? Jelaskan alasan dan perhitungannya.
Comments
Post a Comment